Khutbah Rasulullah Menjelang Ramadhan

Diriwayatkan oleh Imam Ali Ra, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :
“ Wahai manusia, sungguh telah datang kepada kalian bulan Allah yang membawa berkah, rahmat dan maghfirah, bulan yang paling mulia disisi Allah. Hari – harinya adalah hari yang paling utama, malam – malam dibulan ramadhan adalah malam yang paling utama, jam demi jamnya adalah jam yang paling utama.
Inilah bulan yang ketika engkau diundang menjadi tamu Allah dan dimuliakan oleh-Nya. Pada bulan ini nafasmu menjadi tasbih, tidurmu menjadi ibadah, amal – amalmu diterima, dan doa – doamu diijabah. Bermohonlah kepada Allah, Rabbmu dengan hati yang tulus dan dan hati yang suci agar Allah membimbingmu untuk melakukan puasa dan membaca kitab-Nya. Sungguh celakalah orang yang tidak mendapatkan ampunan Allah dibulan yang agung ini.
Kenanglah rasa lapar dan hausmu sebagaimana kelaparan dan kehaudan di hari kiamat. Bersedekahlah kepada kaum fuqara dan masakin. Muliakanlah orang tuamu. Sayangi yang muda. Sambungkanlah tali persaudaraan. Jaga lidahmu. Tahan pandanganmnu dari apa yang tidak halal kamu memandangnya, dan tahan pendengaranmu dari apa yag tidak halal kamu mendengarkannya.
Kasihanilah anak – anak yatim, niscaya anak – anak yatim akan dikasihani manusia. Bertaubatlah kepada Allah dari dosa – dosamu. Angkatlah tangan – tanganmu di waktu shalatmu karena saat itulah saat yang paling utama ketika Allah Azza Wajalla memandang hamaba – hamba-Nya dengan penuh kasih. Dia menjawab ketika mereka menyeru-Nya, Dia menyambut ketika mereka memanggil-Nya, dan Dia mengabulkan doa – doa ketika mereka bermunajat kepada-Nya. Wahai manusia! Sesungguhny diri kalian tergadai karena amal – amal kalian maka bebasakanlah dengan istinghfar. Punggungmu berat karena dosamu, maka ringankanlah dengan memperpanjang sujudmu. Ketahuilah, Allah SWT bersumpah dengan segala kebesaran-Nya bahwa dia tidak akn mengazab orang – orang yang bersujud, tidak mengancam mereka denag neraka pada hari manusia berdiri dihadapan Rabbul’alamin.
Wahai manusia! Barangsiapa diantaramu memberi makan untuk memberi berbuka kepada kaum mukmin yang melaksanakan puasa di bulan ini, maka disi Allah nilainya sama dengan membebaskan seorang budak dan dia diberi ampunan atas dosa – dosanya ynag telah lalu.
Para sahabat berkata, ‘ Kami semua tidak akan mampu berbuat demikian ‘. Lalu Rasulullah melanjutkan khotbahnya. Jagalah diri kalian dari api neraka walau hanya dengan sebiji kurma. Jagalah diri kalian walau hanya dengan setitik air.
Wahai manusia! Barangsiapa yang membaguskan akhlaknya di bulan ini, dia akan berhasil melewati shiratalmustaqim, pada hari ketika kaki – kaki tergelincir. Barangsiapa yang meringankan pekerjaan orang – orang yang dimiliki tangan kanannya dan membantunya di bulan ini maka Allah akan meringankan pemeriksaanya di hari kiamat.
Barangsiapa yang menahan kejelekannya di bulan ini, Allah akan menahan murka-Nya pada hari dia berjumpa dengan-Nya. Barangsiapa ynag memuliakan anak yatim di bulan ini, Allah akan memuliakannya di hari berjumpa dengan-Nya, dan barangsiapa yang menyambung tali silaturrahmi di bulan ini, Allah akan menghubungkan dia dengan rahmat-Nya pada hari dia berjumpa dengan-Nya. Dan barangsiapa yang memutuskan tali silaturrahmi di bulan ini Allah akan memutuskan dia dari rahmat-Nya.
Barangsiapa melakukan sholat sunnah di bulan ramadhan, Allah akan menuliskan baginya kebebasan dari api neraka. Barangsiapa melakukan sholat fardlu, baginya ganjaran seperti 70 sholat fardlu di bulan yang lain.
Barangsiapa yang memperbanyak sholawat kepadaku di bulan ini, Allah akan memberatkan timbangan amalnya pada hari ketika timbangan meringan. Barangsiapa yang pada satu bulan ini mebaca satu ayat Alquran, ganjaranya sama dengan menghatamkan Alquran di bulan – bulan yang lain.
Wahai manusia! Sesungguhnya pintu – pintu surga dibukakan bagimu maka mintalah kepada Tuhanmu agar tidak pernah menutupnya bagimu. Pintu – pintu neraka tertutup maka mohonkanlah kepada Rabbmu agar tidak pernah dibukakan bagimu. Setan – setan terbelenggu, maka mintalah kepada Tuhanmu agar mereka tidak pernah lagi menguasaimu.
Lalu Ali bin Abi Thalib berdiri dan berkata, ‘ Ya Rasulullah, amal apakah yang paling utama di bulan ini ?.’ Rasullulah menjawab , ‘ Ya Abul Hasan, amal yang paling utana dibulan ini adalh menjaga diri dari apa yang diharamkan Allah SWT.’”
Adsense Indonesia

Baca Juga Beberapa Artikel Terkait Berikut Ini :


0 comments:

Posting Komentar